Ini Dia Ciri dan Penyebab Jerawat Batu

Ciri dan Penyebab Jerawat Batu – Kulit wajah menjadi satu bagian sensitive dari tubuh dimana kesehatannya bisa dipengaruhi oleh faktor luar dan cara mengatur pola makan. Meskipun banyak jenis perawatan untuk menjaga kesehatan kulit beredar tetapi ada saja masalah kulit terjadi seperti jerawat. 

Memiliki jerawat di kulit muka tentu saja membuat penampilan tidak percaya diri sehingga sering terjadi luka atau iritasi akibat dari salah dalam metode menghilangkannya. Tetapi apakah Anda pernah memiliki jerawat dengan kondisi atau tekstur keras dan sulit dihilangkan? Tidak hanya itu, ukuran dan bentuk dari jerawat ini terlihat lebih besar serta akan terasa sakit jika ditekan. Ternyata karakter dan tonjolan berwarna merah tersebut disebut dengan jerawat batu. 

Kehadiran jerawat batu sangat mengganggu apalagi jika kedatangannya tidak diduga maka bisa membuat mental atau emosi tidak terbendung. Untuk mengatasi jerawat batu tersebut alangkah baiknya jika Anda mengetahui ciri dan penyebab jerawat batu tersebut. 


Ciri-Ciri Jerawat Batu


Ciri Jerawat Batu

Sebelum masuk ke penyebab dari jerawat batu, mari kita ulas dahulu apa saja ciri dari jerawat batu tersebut:

Tekstur Jerawat Batu Lebih Keras dan Sakit Jika Ditekan


Berbeda dari tekstur jerawat lainnya, untuk jenis jerawat batu tersebut memiliki ukuran lebih besar dan berwarna merah. Tidak hanya itu, jika disentuh atau ditekan akan terasa sakit dank eras. Jika Anda memaksakan untuk menekannya dengan kuat maka akan terasa sakit berkelanjutan. Nantinya jerawat batu akan memperlihatkan tonjolan berwarna putih berupa biji jerawat. 

Banyak orang salah mengira tentang ciri dan penyebab jerawat batu, padahal ukuran besar dari jerawat batu disebabkan karena timbunan lemak di lapisan sebum terbilang tinggi. 

Penyebaran 2 Kali Lebih Cepat


Tidak seperti jerawat pada umumnya, jenis jerawat batu akan menyebar dengan cepat ke berbagai permukaan wajah dan bisa sampai ke bagian leher. Jika kondisi wajah tidak bersih dan Anda tidak sering mencuci muka, maka gunakan facial wash untuk menghindarkan perluasan dari jerawat batu. Banyak orang menghiraukan kondisi jerawat batu dan hasilnya akan sangat cepat menyebar hingga ke bagian leher. 


Tidak Dapat Hilang Dengan Tuntas


Ciri dan penyebab jerawat batu sebenarnya tidak hanya berupa sakit saja, tetapi dari gejalanya tidak pernah hilang secara tuntas. Tidak hanya itu saja, jerawat batu juga sering menimbulkan bekas hitam atau flek hitam. Tidak hanya itu jerawat batu juga bisa membuat bopeng pada kulit wajah. Meski hilang dalam artian tidak berukuran besar, tetapi bekas dari gejalanya bisa tetap ada. Maka dari itu sangat membutuhkan perawatan dan penanganan lebih tepat dan cepat untuk bisa membersihkannya. 
Berbagai ciri dari jerawat batu bisa membuat Anda terhindar dari kondisi kulit berminyak, maka dari itu jangan anggap remeh setiap gejala dari jerawat batu, karena bisa dengan cepat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kemudian bagaiman dengan penyebab dari jerawat batu tersebut? Ternyata ciri dan penyebab jerawat batu sangatlah penting untuk lebih tahu bagaimana cara tepat untuk menghindari jerawat batu menempel ke kulit wajah. 


Penyebab Jerawat Batu


Penyebab Jerawat Batu

Selain ciri-cirinya, jerawat batu juga bisa muncul karena beberapa hal berikut ini:

Faktor Psikologis


Salah satu penyebab jerawat batu adalah faktor psikologis dimana perasaan stres seringkali menjadi tekanan pada area wajah dan tidak disadari betul oleh banyak orang. Nantinya otot wajah akan menjadi tegang sehingga membuat produksi kelenjar minyak akan meningkat dengan cepat. Kemudian dari pori-pori kulit yang tersumbat akan menyebabkan kotoran dan voila muncul ke permukaan kulit. 

Jika Anda mau terhindar dari jerawat batu tersebut maka hilangkan semua beban pikiran, pekerjaan dan segarkan kembali pikiran Anda. Jangan terlalu memikirkan masalah terlalu berat dan sesekali berikan pijatan ringan pada kulit wajah untuk melemaskan kembali oto wajah yang tegang. Jika ingin menyegarkan kembali kulit muka bisa menggunakan masker buah-buahan agar nutrisi yang hilang bisa tercukupi kembali. 

Faktor Genetik


Ciri dan penyebab jerawat batu selanjutnya berasal dari faktor genetik, mungkin Anda memiliki keturunan seperti saudara Anda atau dari orang tua yang memiliki tipe kulit berminyak dan mungkin beberapa diantaranya memiliki permsahalan seputar jerawat batu. Biasanya faktor genetik disebabkan oleh kondisi kulit muka yang berminyak sehingga membuat peluang munculnya jerawat batu bisa muncul dengan cepat.

Memang sedikit sulit mencegah munculnya jerawat batu karena faktor keturunan, berhati-hatilah karena kondisi kulit berminyak menjadi ladang munculnya jerawat batu baru. Maka dari itu lakukan langkah antisipasi agar bisa terhindar dari jerawat batu seperti membatasi makanan berlemak atau mengandung minyak tinggi. Lakukan pembersihan muka setidaknya 2 kali sehari agar kandungan minyak dan kotoran pada wajah bisa berkurang. 

Faktor Hormon


Mungkin banyak orang tidak menyadari akan ciri dan penyebab jerawat batu dari faktor hormone, dimana jadi satu penyebab munculnya jerawat batu. Perubahan hormon tersebut bisa merangsang produksi minyak tidak terkontrol. Hal tersebut menjadi satu penyebab menutupnya pori-pori wajah. Ditambah lagi dengan adanya kotoran yang membuat kondisi kulit semakin rentan terhadap jerawat batu baru. 

Memang terbilang sulit untuk mengendalikan hormon agar tidak muncul jerawat batu. Tetapi langkah pencegahan bisa dilakukan pada ibu atau wanita yang sudah menikah untuk menghindari pemakaian pil KB karena bisa menimbulkan perubahan pada hormon dan sekaligus jadi pemicu dari jerawat batu baru. 

Penggunaan Kosmetik Kurang Baik


Dalam ciri dan penyebab jerawat batu satu ini seringkali dilakukan para wanita tanpa sadar dimana pemakaian kosmetik tidak terkontrol bahkan tidak sesuai dengan aturan pakai bisa memunculkan jerawat batu. Berbagai jenis kosmetik dengan kandungan minyak cukup tinggi juga bisa menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Kandungan minyak dan kotoran pada wajah bisa memunculkan jerawat baru.

Agar Anda bisa terhindar dari jerawat batu maka harus lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit. Tidak hanya itu saja, dalam mencegah munculnya ciri dan penyebab jerawat batu Anda juga harus memperhatikan durasi pemakaian kosmetik. Jangan sampai Anda menggunakan kosmetik selama 24 jam full. Untuk membersihkan kandungan kosmetik bisa menggunakan toner atau facial wash.

Berbagai ciri dan penyebab jerawat batu sebaiknya harus lebih dipahami untuk terhindar dari jerawat batu. Rata-rata penderita jerawat batu adalah usia remaja karena pada saat itu kondisi hormon tidak stabil. Maka dari itu, Anda harus lebih teliti dalam memilih kosmetik dan selalu membersihkan wajah agar tidak memiliki kandungan minyak berlebih. Penyebab yang paling sering ditemui pada kasus jerawat batu adalah tidak menjaga kebersihan kulit seperti terlalu sering menyentuh kulit wajah menggunakan tangan atau sering terpapar sinar matahari. 
Jadi sebisa mungkin hindarkan kulit dari debu dan kotoran agar bisa mendapatkan nutrisi lebih baik serta menghindarkan dari jerawat batu.


EmoticonEmoticon