Ciri Jerawat Pasir dan Cara Menghilangkannya Tanpa Obat Kimia

Ciri Jerawat Pasir – Banyak orang menganggap sebuah jerawat sebagai permasalahan serius karena bisa mengganggu penampilan saat tampil di publik. Hampir semua orang tahu bagaimana tentang jerawat dari wujudnya sampai cara menghilangkannya. Mungkin Anda pernah mengalami sebuah jenis jerawat yakni jerawat pasir dengan ciri berukuran kecil dan bergerombol. Rata-rata usia dewasa mengalami jerawat pasir yang tersebar di area pipi dan dahi. 

Memang sedikit sulit membedakan antara jerawat pasir dengan komedo, tetapi dari ciri jerawat pasir yang  identik berukuran kecil semua orang bisa membedakannya. Jika Anda belum mengerti bagaimana ciri jerawat pasir, berikut ada penjelasannya untuk Anda.

Jerawat Pasir

Ciri Jerawat Pasir


Sebenarnya untuk jerawat pasir sendiri bisa dilihat secara jelas mengenai bentuk dan cirinya.
Berukuran Kecil dan Bergerombol 

Dilihat dari ukurannya, jerawat pasir memiliki ukuran kecil tidak seperti jerawat batu dengan ukuran besar. Tidak hanya itu, keberadaan jerawat tersebut lebih cenderung bergerombol di daerah pipi dan dahi. 

Memiliki Pucuk Berwarna Putih


Ciri lain dari jerawat pasir adalah memiliki warna putih pada bagian ujungnya yang merupakan sebuah lemak. Sebenarnya tidak hanya warna putih saja, tetapi terdapat juga warna merah, dan jika pada saa berwarna putih tersebut pecah maka bisa menyebar dengan cepat ke bagian kulit wajah lainnya. 

Lebih Cepat Menyebar


Penyebaran dari jerawat pasir terbilang cepat karena proses dari terbentuknya sebum sampai munculnya lemak di permukaan kulit sangat cepat. Maka dari itu jangan sekali-kali memencet jerawat pasir karena bisa menyebabkan perluasan lebih cepat.

Berbagai penyebab dari jerawat pasir didominasi oleh penumpukan kelenjar minyak cukup besar di bagian pori-pori kulit. Setelah itu muncul bejolan berukuran kecil seperti komedo. Nantinya komedo tersebut menjadi cikal bakal dari sebuah jerawat pasir. Jika tidak diatasi dengan segera bisa menyebabkan iritasi bahkan bekas jerawat seperti parut. 

Selain memperhatikan ciri jerawat pasir, Anda juga harus memperhatikan penyebab kenapa jerawat pasir bisa menyebar dengan cepat. Maka dar itu untuk lebih memahami penyebabnya berikut ulasannya:

Sel Kulit Mati Menumpuk


Jika terlalu banyak sel kulit mati menumpuk di area wajah lalu menyumbat pori-pori maka nantinya komedo bisa terinfeksi sehingga bisa berubah jadi radang dan berwarna merah. 
Kebiasaan Membasuh Wajah Terlalu Sering

Terlalu sering membasuh wajah tentu membuat komedo mengalami iritasi. Jika kebiasaan tersebut tidak dihentikan maka bisa berpotensi rada dan timbul sebuah jerawat pasir. 

Kebiasan Memencet Komedo


Selain tahu ciri jerawat pasir,  Anda perlu memahami faktor pemicu munculnya jerawat pasir. Komedo merupakan titik dari kumpulan lemak, jika dipencet maka akan terjadi kontaminasi dengan kuman di tangan. Jika kuman masuk ke dalam pori-pori bisa menginfeksi komdeo dan berubah jadi sebuah jerawat pasir. Jika disentuh terkadang terasa perih dan gatal.

Pemakaian Kosmetik Berlebihan


Tidak hanya dari kebiasaan menggosok wajah saja, tetapi dari penggunaan kosmetik yang mengandung minyak berlebih bisa menimbulkan sumbatan pada bagian wajah. Sisa dari kosmetik juga akan menjadi kotoran dan membusuk dalam komedo, jika tidak ditangani dengan cepat maka komedo akan berubah jadi jerawat pasir yang mempunyai ciri putih dan lengket jika disentuh.

Sering Mengkonsumsi Makanan Berlemak Tinggi


Terlau sering mengkonsumsi makanan bergula dan berlemak tinggi bisa jadi penyebab terjadinya masalah kulit terutama jerawat pasir. Kandungan minyak berlebih tidak bisa dibuang semuanya dari tubuh dan akhirnya menyebabkan jerawat semakin banyak dan meradang. 

Selain mengetahui tahu ciri jerawat pasir, Anda harus tahu apa saja penyebab dari munculnya jerawat batu dan bagaimana cara mengatasinya. Ada beberapa tips terhindar dari jerawat pasir yang selama ini tidak disadari banyak orang. Lalu apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

Jangan Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari


Paparan dari sinar matahari secara langsung bisa menyebabkan efek buruk pada kulit. Sinar ultraviolet bisa menimbulkan munculnya melanin dimana jadi sebab munculnya noda hitam karena bekas jerawat. Sinar UV juga bisa memberikan efek buruk lainnya seperti kanker kulit. Untuk menghindari efek buruk dari sinar UV Anda bisa menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF tinggi di atas 25. 

Jangan Menggunakan Air Panas Untuk Mencuci Wajah


Memakai air panas untuk membersihkan wajah bisa memberikan efek buruk pada kulit yakni kulit jadi lebih kering. Tidak hanya itu saja, hindari pemakaian handuk ataupun kain bertekstur kasar pada wajah. Sebaiknya gunakan handuk bertekstur lembut untuk mengeringkan kulit agar tidak terjadi iritasi. 

Rutin Membersihkan Sel Kulit Mati


Selain ciri jerawat pasir, Anda juga harus membersihkan sel kulit mati secara rutin agar semakin mempercepat regenerasi kulit serta bisa menghilangkan noda bekas jerawat. Tidak harus menggunakan bahan kimia, tetapi Anda bisa menggunakan bahan alami dan lakukan secara rutin minimal satu kali seminggu.

Jangan Memencet Jerawat


Hindari memencet jerawat karena bisa memperparah kondisi kulit. Tidak hanya itu, penyebaran jerawat juga bisa lebih cepat karena bakteri pada jerawat bisa memberikan efek infeksi di sekitar kulit berjerawat. Nantinya jika terlalu sering memencet jerawat akan lebih sulit untuk menghilangkan noda bekas jerawatnya. 

Konsumsi Air Putih 


Mengkonsumsi air putih ternyata memiliki manfaat sangat baik untuk menjaga kebersihan kulit. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa air putih sangat baik untuk merawat kebersihan kulit. Jadi tidak hanya mengetahui ciri jerawat pasir saja, tetapi cara untuk menghindarinya juga harus dimengerti. Minumlah minimal 8 gelas per hari untuk mengeluarkan racun tubuh dan membuat kondisi kulit jadi lebih sehat dan segar.

Istirahat Cukup


Perhatikan faktor istirahat tubuh dan waktu tidurnya. Usahakan untuk beristirahat selama 7 sampai 8 jam agar tubuh bisa mengembalikan semua fungsi organ secara maksimal. Hindari juga begadang karena bisa memperlambat metabolisme tubuh yang bisa memperlambat juga regenerasi kulit. 

Rajin Olahraga


Melakukan olahraga secara teratur bisa membantu melancarkan peredaran oksigen dalam tubuh terutama di bagian kulit. Setidaknya lakukan aktifitas olahraga seperti jogging selama 15 menit dalam intensitas 3 kali seminggu. Sangat penting mengetahui ciri jerawat pasir dan bagaimana tips terhindar dari jerawat pasir tersebut.

Jenis olahraga untuk menghindarkan jerawat pasir usahakan bisa mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak. Mengetahui ciri jerawat pasir memang sangat penting agar Anda bisa terhindar dari iritasi kulit. Sedangkan untuk tips menyembuhkan dan menghindarkan jerawat pasir bisa berguna untuk langkah antisipasi. Sekali lagi beberapa faktor penyebab dari jerawat di atas bisa dihindari asal Anda menjaga kesehatan terutama pola makan dan jangan terlalu sering menggosok kulit berjerawat karena tangan Anda belum tentu steril dari kuman. 

Jadi intinya jangan memperhatikan ciri jerawat pasir saja melainkan bagaima cara mengindari jerawat batu yang bisa mengganggu penampilan Anda. Memang butuh waktu untuk menghilangkan jerawat batu tetapi jika dilakukan dengan hati-hati bisa mememberikan dampak positif bagi kesehatan kulit.


EmoticonEmoticon