Cara Menghilangkan Jerawat di Tubuh

Cara Menghilangkan Jerawat di Tubuh

Kondisi tubuh yang  berjerawat membuat tubuh mudah sekali terinfeksi kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri yang menginfeksi kulit selanjutnya dapat menyebabkan penyakit kulit, salah satunya adalah jerawat.

Kuman merupakan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyakit kulit seperti jerawat pada tubuh. Jerawat terkadang disebabkan oleh bakteri karena bakteri yang biasanya ada di kulit cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat karena produksi minyak yang berlebih pada kulit, sehingga menimbulkan iritasi berupa benjolan di daerah sekitarnya.
Untuk menghilangkan jerawat di tubuh, kita membutuhkan zat anti kuman agar jerawat tidak meradang.  Anti kuman atau antiseptik adalah senyawa kimia yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri dengan cara membersihkan jerawat dari infeksi kuman agar jerawat lebih cepat sembuh. Selain untuk menghambat kuman, anti kuman juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat pada tubuh sehingga dapat menghilangkan jerawat pada tubuh.

Nah, berikut adalah beberapa Cara Menghilangkan Jerawat di Tubuh :


1. Mandi Dengan Cengkeh


Eugenol memiliki sifat antiseptik pembersih kuman. Kandungan Eugenol atau antiseptik alami dalam cengkeh bisa dimanfaatkan sebagai pembersih kuman dan bakteri penyebab jerawat. Caranya, rebus 10 hingga 30 biji cengkeh. Selanjutnya, campurkan pada air bak mandi ada dengan tidakaran perbandingan 1:4. Ketika mandi, siram tubuh kamu dengan air yang telah dicampur dengan rebusan cengkeh tadi. Gosok dan bilas tubuh hingga bersih.


2. Cuka Sari Apel


Rasa asam dari cuka sari apel membuatnya memiliki sifat membersihkan dan dapat digunakan sebagai zat anti kuman yang dapat mengobati jerawat. Cuka sari apel mengandung asam asetat yang membantu menyingkirkan bakteri dan jamur, serta mengatasi masalah iritasi pada kulit akibat jerawat.


3. Madu 


Madu dapat membunuh kuman- kuman yang menempel pada jerawat goresan. Madu mempunyai beberapa enzim yang mempunyai sifat antibakteri alami. Madu juga membuat daerah di sekitar jerawat menjadi lebih lembap, bersih dan bebas bakteri atau kuman. 

Untuk mengobati jerawat, caranya lumasi daerah yang terkena jerawat dengan madu murni, lalu balut dan biarkan selama 1 jam. Selanjutnya bilas jerawat dengan air bersih.  Lakukan perawatan ini beberapa kali sehari sampai jerawat menghilang.


4. Daun Sirih


Daun sirih memiliki zat atau senyawa yang memiliki kemampuan untuk membasmi kuman dan bakteri. Untuk mengobati jerawat yang disebabkan oleh kuman dan bakteri, kamu dapat mengobatinya dengan merebus daun sirih, kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk mandi atau bisa juga dengan membasuh kulit yang tekena jerawat saja. Caranya dengan mengambil 15 hingga 20 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih dan rebus. 


5. Lemon


Lemon merupakan tumbuhan serba guna yang kaya akan vitamin C dan memiliki efek membersihkan sistem pencernaan. Lemon juga merupakan alat pembersih darah yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan racun. Air lemon bisa mencegah sepsis atau penumpukkan bakteri di dalam tubuh. Selain itu, air lemon juga memiliki efek anti scourbutic aau kemampuan tubuh untuk mencegah penyakit dan membersihkan kotoran dalam tubuh. Rasa asam yang terkandung dalam sebutir lemon dapat menetralisir bakteri dan kuman penyebab jerawat. Selain dikonsumsi dengan cara diminum, kamu juga bisa mengoleskan air perasan lemon ke daerah yang ingin dibersihkan dari kuman. Air lemon bisa mencegah sepsis atau penumpukkan bakteri di dalam tubuh. Selain itu, air lemon juga memiliki efek anti scourbutic aau kemampuan tubuh untuk mencegah penyakit dan membersihkan kotoran dalam tubuh. 


6. Kunyit 


Antiseptik dan antibakteri yang terkandung pada kunyit membantu membunuh kuman dan merangsang perbaikan sel kulit baru pada kulit yang terjerawat. Untuk mengobati jerawat, caranya tumbuk kunyit hingga halus dan tambahkan sedikit air sehingga menjadi pasta. Oleskan cairan tadi pada jerawat dua kali dalam sehari untuk hasil efektif.


7. Garam 


Garam juga merupakan pembersih alami yang anti bakteri dan jamur. Kandungan natrium klorida dan iodium yang terdapat di dalam garam dapat membunuh kuman. Kamu bisa menggunakan garam yang dicampur dengan air hangat untuk membasuh kulit yang berjerawat. Karena garam merupakan salah satu yang efektif sebagai cara menghilangkan jerawat di tubuh kita.

Tekstur garam yang kasar bila digunakan untuk scrub sangat berguna untuk pengelupasan kulit, mengangkat sel kulit mati, meremajakan kulit, membantu menghilangkan jerawat, mengurangi rasa lelah dan linu pada kaki, serta meredakan ruam di kulit akibat alergi dan infeksi.  Sedangkan untuk mengobati jerawat yang meradang, caranya tambahkan satu sendok makan garam pada satu baskom air hangat. Bilas lah kulit yang berjerawat dengan garam hangat tadi atau uapi Caranya, tambahkan satu sendok makan garam pada satu baskom air hangat. Cucilah wajahmu atau uapi dengan air garam dengan air garam tersebut.


8. Daun Pepaya


Daun Pepaya memiliki senyawa karpain yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, parasit, dan bakteri. Untuk menghilangkan jerawat akibat kuman, caranya dengan menghaluskan daun pepaya yang sudah dicuci, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang berjerawat.


9. Bawang Merah


Bawang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang membantu mengobati jerawat. Bawang juga memiliki bahan kimia seperti senyawa sulfur dan quercetin yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat jerawat. Untuk menghilangkan jerawat di tubuh, caranya blender bawang merah, dan gunakan kapas untuk mengoleskannya ke kulit yang terdapat jerawat. Biarkan 10 menit sebelum dibilas.


10. Bawang Putih


Bawang putih memiliki sifat antibiotik dan anti inflamasi untuk penyembuhan jerawat sayat dan jerawat gores. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi rasa sakit. Ini disebabkan karena bawang putih memiliki senyawa antimikroba yang disebut allicin untuk membantu mencegah infeksi. Untuk pengobatan pada jerawat, seduh bawang putih yang telah di tumbuk dengan air panas, lalu gunakan untuk mengompres jerawat.

Sekian informasi tentang cara menghilangkan jerawat di tubuh, semoga menjadi bacaan yang baik untuk Anda dimanapun berada.


EmoticonEmoticon