Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Jerawat di punggung adalah masalah kulit yang disebabkan oleh  bakteri sebaceous yang bercampur dengan keringat yang dihasilkan oleh kelenjar keringat. Kelenjar keringat di punggung yang bercampur dengan bakteri akan menimbulkan jerawat yang umumnya disebut dengan jerawat di punggung. 

Jerawat di punggung disebabkan karena bakteri sebaceous. Jerawat yang disebabkan oleh bakteri terjadi karena bakteri yang biasanya ada di kulit daerah punggung cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, dan menghasilkan zat- zat yang menimbulkan iritasi pada kulit tersebut. 

Nah, untuk tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat tersebut, berikut adalah beberapa Cara Menghilangkan Jerawat di punggung :


1. Mandi Secara Teratur


Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan adalah rutin mandi setidaknya 2 kali sehari. Mandi adalah salah satu aktivitas yang akan membuat tubuh segar, terutama jika dilakukan setelah bangun tidur atau setelah beraktivitas. Mandi juga membuat tubuh sehat dan menghilangkan bakteri dan kotoran yang melekat di tubuh kamu, terutama mengurangi minyak dan bakteri penyebab jerawat yang berada di punggung. Mandi juga dapat mengurangi bau badan, mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik. 


2. Mandi Menggunakan Rebusan Daun Sirih


Kandungan senyawa karvakol dalam daun sirih memiliki manfaat sebagai anti bakteri dan anti jamur yang dapat mengatasi jerawat di punggung. Untuk mengatasi permasalahan jerawat di punggung, gunakan daun sirih untuk menghilangkannya, dengan cara mengambil 5 lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu hingga tersisa hingga 1 gelas saja. Kemudian minumlah pada siang hari. Lakukan cara ini hingga jerawat di punggung hilang. Selain dengan cara diminum, daun sirih juga bisa dimandikan atau bisa juga dengan membasuh kulit yang tekena gatal saja agar hasilnya lebih optimal. Sebisa mungkin gunakan air rebusan daun sirih dalam keadaan masih hangat.


3. Mandi Menggunakan Cengkeh


Kandungan Eugenol atau antiseptik alami dalam cengkeh bisa dimanfaatkan sebagai pembersih kuman dan bakteri. Caranya, rebus 10 hingga 30 biji cengkeh. Selanjutnya, campurkan pada air bak mandi dengan takaran perbandingan 1:4. Ketika mandi, siram punggung kamu dengan air yang telah dicampur dengan rebusan cengkeh tadi. Gosok dan bilas tubuh hingga bersih. Cara lain adalah dengan rutin meminum air rebusan cengkeh ini atau dengan mengoleskan air rebusan cengkeh pada area punggung yang berjerawat.


4. Oleskan Dengan Minyak Kelapa


Minyak kelapa memiliki kandungan zat anti yang mampu melawan virus, bakteri, atau infeksi jamur. Selain itu, minyak kelapa murni mengandung senyawa fenolik sebagai antioksidan. Minyak kelapa juga baik untuk kesehatan tubuh.

Cara untuk menggunakan minyak kelapa menghilangkan jerawat di punggung adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada punggung kamu yang berjerawat. Minyak kelapa akan membersihkan dan membunuh bakteri di yang berada di punggung kamu. 


5. Tenempelkan Daun Ciplukan


Ceplukan dapat dimanfaatkan sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik. Sehingga ciplukan akan sangat ampuh dalam mengatasi area punggung yang berjerawat. Caranya, ambilah daun ciplukan kira- kira 1 genggam dan cuci bersih, tambah air kapur sirih 2 sendok  makan, kemudian tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada area punggung yang berjerawat. 


6. Oleskan Dengan Menggunakan Jeruk Nipis Atau Lemon


Jeruk nipis memang tanaman yang kaya akan manfaatnya bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh seseorang. salah satu manfaat Jeruk nipis adalah dapat menghilangkan jerawat di punggung. Untuk menghilangkan jerawat di punggung, caranya jeruk nipis atau lemon dipotong menjadi setengah lalu diperas, kemudian masukan air perasan tersebut ke dalam mangkuk. Selanjutnya, tambahkan satu sendok makan garam dan madu ke dalamnya dan oleskan campuran bahan- bahan tersebut ke bagian punggung yang berjerawat. Biarkan mengering dan bilas setelah lima belas menit dengan air hangat.


7. Oleskan Dengan Buah Pepaya Dan Daun Pepaya


Buah pepaya dan daun pepaya dapat mengobati jerawat yang meradang karena kandungan senyawa karpain dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, parasit, dan bakteri. mengompres punggung yang berjerawat dengan buah pepaya dapat menghilangkan atau mengobati punggung yang berjerawat. Caranya dengan menghaluskan buah pepaya segar, kemudian mengoleskannya ke seluruh bagian punggung yang ditumbuhi jerawat. Tunggu  30 menit atau hingga mengering dan bilas hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin setiap dua hari sekali sampai jerawat hilang dari punggung.


8. Oleskan Dengan Madu


Banyak para ahli di penjuru dunia sudah membuktikkan betapa luar biasanya khasiat madu. Madu asli memiliki banyak khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Madu dapat membunuh kuman- kuman yang menempel pada tubuh yang terinfeksi kuman. Madu mempunyai beberapa enzim yang mempunyai sifat antibakteri alami. Madu juga membuat daerah di sekitar tubuh yang terinfeksi kuman menjadi lebih lembap, bersih dan bebas bakteri atau kuman. Untuk menghilangkan jerawat di punggung, caranya lumasi daerah punggung yang terkena jerawat dengan madu murni dan biarkan selama 1 jam. Selanjutnya bilas daerah punggung yang terkena jerawat dengan air bersih.  Lakukan perawatan ini beberapa kali sehari sampai jerawat hilang dari punggung.


9. Olesi Dengan Lidah Buaya


Lidah buaya mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, Asam Folat, Niasin, kalsium, sodium, besi, potassium, mangan, magnesium, chrom, copper dan zinc. Lidah buaya juga memiliki anti radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas jerawat di punggung.

Kandungan lignin dan asam amino yang terdapat pada tanaman ini juga dapat melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit.  Kandungan zinc yang terdapat dalam lidah buaya akan mempercepat penyembuhan jerawat di punggung. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada jerawat di punggung.


10. Olesi Dengan Buah Mengkudu


Mengkudu memiliki spektrum fitokimia yang sangat luas. Fitokimia-fitokimia tersebut bersinergi satu dengan yang lain untuk menghasilkan khasiat penyembuhan yang mengagumkan. Fitokimia (zat-zat kimia alami yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan) memiliki khasiat untuk pencegahan penyakit dan kaya akan kandungan antioksidan.  

Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Zat-zat aktif yang terkandung dalam buah mengkudu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti alergi.

Untuk mengobati jerawat di punggung, blender buah mengkudu hingga halus dan oleskan pada bagian kulit yang terkena jerawat. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan hal itu sebanyak 3 kali tiap harinya.


11. Olesi Dengan Tomat


Tomat kaya akan Vitamin A dan Vitamin C yang dapat menyehatkan kulit dan menghilangkan jerawat, baik yang baru timbul maupun sudah meradang. Untuk mengobati jerawat di punggung dengan tomat, potong tomat yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian. Letakan potongan tersebut di bagian wajah yang ada jerawatnya. Biarkan selama 20- 30 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu sampai jerawat hilang.

Sekian informasi tentang cara menghilangkan jerawat di punggung, jika terdapat salah-salah penulisan, dimohonkan maaf. Terimakasih.


EmoticonEmoticon