Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala

Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala

Jerawat pada kulit kepala akan terasa sangat gatal karena perkembangan bakteri di dalamnya. Namun menggaruk kulit kepala secara berlebihan ketika mengalami jerawat di kepala dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala atau yang sering di sebut dengan iritasi. Kerusakan pada kulit kepala tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. 

Jerawat di kepala sebenarnya tidak secara langsung dapat menyebabkan rambut menjadi rontok, tapi hal tersebut terjadi ketika seseorang sering menggaruk kulit kepala yang berjerawat di kepala sehingga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.


Makanan Yang Dapat Mengatasi Jerawat Di Kepala


Nah, untuk tahu cara menghilangkan jerawat tersebut, berikut adalah beberapa Makanan Yang Dapat Mengatasi Jerawat di Kepala :


1. Soda Kue 


Soda kue atau baking soda salah satu bumbu dapur yang kaya manfaat bagi manusia. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun soda kue juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas pembersihan dan membasmi kuman dan bakteri.

Soda kue dapat membunuh bakteri pada kulit kepala yang dapat menyebabkan jerawat di kepala. Selain itu, partikel- partikel kecil yang ada pada baking sode dapat berguna dalam menghilangkan jerawat di kepala yang terjebak dalam rambut. Caranya, basuh rambut terlebih dahulu menggunakan air, kemudian oleskan baking soda secukupnya pada rambut dan kulit kepala. Usap dengan lembut sambil sesekali dipijat. Diamkan sejenak, bilas dengan air tanpa menggunakan sampo.


2. Garam dapur


Kandungan natrium klorida dan iodium yang terdapat di dalam garam. Natrium  klorida dapat membunuh kuman dan bakteri. Garam dapur dapat menetralisir atau mengurangi aktivitas perkembangbiakan bakteri yang menjadi penyebab jerawat di kepala. Pemakaian garam adalah dengan menaburkan 3 sendok makan garam sebagai campuran shampo pada waktu keramas. Pijat lembut ke kulit kepala yang sedikit basah selama 2-3 menit.


3. Jeruk Nipis

Pada dasarnya, kandungan vitamin C jeruk nipis serta antioksidan yang tinggi sangat bermanfaat bagi kulit wajah. Jeruk nipis bermanfaat untuk kecantikan, antara lain: menghilangkan jerawat di kulit, membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut dan berkilau, dan dapat menghilangkan jerawat di kepala.

Untuk mengobati jerawat di kepala, caranya potong dua jeruk nipis menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Apabila terdapat luka di kulit kepala biasanya akan terasa sedikit perih, namun jangan khawatir karena hal ini tidak berbahaya.  Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu secara rutin untuk mendapatkan kulit kepala yang bebas jerawat di kepala.


4. Cuka


Cuka berguna untuk menjadikan rambut nampak berkilau, menghilangkan jerawat di kepala dan menjaga kesehatan rambut. Cara menggunakanya cari lebih dulu botol kosong bekas sampo, lalu masukan 1/4 sendok makan cuka dan tambah dengan air. Selanjutnya gunakan bahan tersebut untuk membilas rambut sesudah keramas. 

Dengan mengoleskan cuka apel pada kulit kepala, keseimbangan kulit kepala pun akan terjaga sehingga jerawat di kepala tidak muncul lagi dan gatal- gatal di kepala akibat jerawat di kepala pun tidak datang lagi. Selain itu, berguna juga untuk menghilangkan kutu rambut beserta dengan telurnya. Namun cuka tersebut sebenarnya tidak akan membasmi kutu, melainkan hanya mengusir dari rambut karena jika rambut di oleskan cuka akan menjadi licin sehingga kutu tersebut akan terlepas dari kepala.


5. Daun Salam


Berdasakan sebuah penelitian, daun salam memiliki kandungan senyawa aktif yang diduga berfungsi sebagai obat, yaitu arginin, leusin, metionin dan beberapa senyawa lain. Daun salam dapat dijadikan sebagai obat yang bagus untuk mengurangi rambut rontok. Air rebusan yang terbuat dari daun salam, juga efektif untuk mengobati jerawat di kepala. Keramas dengan menggunakan rebusan daun salam atau menggunakan masker rambut dengan daun salam berguna sebagai tonik untuk rambut yang efektif memerangi jerawat di kepala dan rambut rontok. Hal ini juga dapat membasmi kutu rambut di kepala.


6. Lidah Buaya


Lidah buaya sifatnya yang khas memberikan nutrisi pada rambut, bagian lendir dari tanaman ini dipercaya dapat mengatasi jerawat di kepala di kulit kepala anda. Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampil sehat. Enzim proteolitik yang terdapat dalam lidah buaya mampu membasmi sel-sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkan sulit tumbuh dan mendapatkan nutrisi. Cara penggunaannya, ambillah satu helai tanaman lidah buaya kemudian kupas. Bagian yang berlendir gosokkan pada kulit kepala secara merata.


7. Daun Kangkung


Kangkung mengandung nutrisi yang baik seperti vitamin A, B, C, fosfor, zat besi, serat, selenium, asam amino, dan kalsium. Untuk menghilangkan jerawat di kepala, ambil seikat daun kangkung, lalu rendam dengan air secukupnya selama satu malam, gunakan air tesebut untuk keramas ketika mandi pagi. Lakukan setiap hari sampai jerawat di kepala hilang.


8. Buah Mengkudu 


Rambut berjerawat di kepala dapat diberantas dengan  mengkudu sebagai obat alami. Caranya siapkan 1 - 2 buah mengkudu masak yang telah dicuci bersih. Kemudian potong jadi 4 bagian merata, gunakan tiap bagian untuk menggosok kepala secara perlahan. Diamkan sejenak antara 10 sampai  15 menit agar kandungan menyerap pada akar rambut, setelah itu cuci kepala dengan sampo sampai zat yang menempel terangkat bersih. Pengobatan ini bisa kamu lakukan seminggu 1 - 2 kali, jangan berlebihan.


9. Sirih


Daun sirih memiliki zat atau senyawa yang memiliki kemampuan untuk membasmi kuman dan bersifat antifungi dan antioksidan. Untuk mengobati jerawat yang disebabkan oleh kuman dan bakteri, kamu dapat mengobatinya dengan merebus daun sirih, kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk keramas atau bisa juga dengan membasuh kulit yang tekena gatal saja. Caranya dengan mengambil 15 hingga 20 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih dan rebus. Sebisa mungkin gunakan keramas dengan air rebusan daun sirih dalam keadaan masih hangat agar lebih efektif dalam membasmi jerawat di kulit kepala.


10. Bawang Merah


Selain membasmi jerawat di kepala, kandungan sulfur dalam bawang merah bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Ini dikarenakan sulfur yang terkandung memiliki peran sebagai peningkat sirkulasi darah dan juga penguat rambut. Untuk mengatasi jerawat di kepala, siapkan bawang merah, lemon, dan beberapa tetes madu. Haluskan semua campuran tersebut, dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan sampo anti ketombe agar kulit kepala menjadi lebih bersih lagi dan menjadi lebih harum.

Sekian informasi mengenai cara menghilangkan jerawat di kepala, semoga bermanfaat dan menjadi bacaan yang berguna bagi kamu dimanapun berada.


EmoticonEmoticon