Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi

Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi - Jerawat adalah gangguan kesehatan pada kulit tubuh yang umumnya disebabkan oleh pencampuran keringat atau sebum dengan bakteri. Umumnya bakteri ini bisa menyerang kulit jika kulit memiliki kelembaban yang berlebihan, seperti sering berkeringat atau kulit yang kotor.

Jerawat bisa menyerang siapa saja. Kaum remaja usia belasan tahun adalah sasaran empuk yang biasa diserang oleh penyakit gangguan kulit ini. Remaja yang aktif beraktivitas di luar dan sering berkeringat, membuat bakteri mudah melekat di kulit mereka. 

Bagian kulit yang biasa ditumbuhi jerawat adalah wajah, bagian atas dada, lengan atas, leher, punggung, ketiak, dan kepala. Jerawat juga biasa melekat pada semua bagian kulit lainnya yang banyak mengeluarkan minyak, contohnya dahi. 

Dahi merupakan bagian wajah yang mudah sekali berminyak. Jerawat pada dahi bisa disebabkan oleh bakteri yang bercampur dengan kelenjar minyak di dahi.  Jerawat pada dahi bisa timbul karena kelenjar minyak bertumpuk di dahi bercampur dengan sel kulit mati yang berkolaborasi dengan bakteri. 

Bakteri biasanya ada di kulit dan cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak yang tersumbat, dan menghasilkan infeksi yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitar kulit. Kelenjar minyak tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah dan menyebarkan peradangan pada daerah kulit di sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat pada dahi.


Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi


Nah, untuk tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat itu, berikut adalah beberapa Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi :

1. Bawang Putih


Bawang putih membantu mengontrol virus, bakteri, ragi, dan infeksi cacing. Bawang putih segar dapat mencegah keracunan makanan. Bawang putih juga dapat membunuh bacteria seperti E. coli, Salmonella enteritidis, dll.

Bahan kimia ajoene yang ditemukan pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit akibat bakteri, seperti kurap, jerawat, dan jerawat. Kemampuan bawang putih melawan infeksi dan bakteri membuatnya menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi kurap, jerawat, jerawat dan masalah kulit lainnya.

Nah, untuk pengobatan jerawat pada jidat, caranya cukup mudah, yaitu seduh bawang putih yang telah di tumbuk dengan air panas, lalu gunakan untuk mengompres jerawat yang terdapat pada jidat kamu. Tunggu 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.


2. Lobak


Lobak bisa membunuh pertumbuhan bakteri yang tidak terkendali di dalam tubuh. Dengan adanya enzim seperti enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases, dapat berguna untuk membunuh bakteri dengan pertumbuhan berlebihan. Selain untuk membunuh bakteri, enzim – enzim dalam lobak juga memiliki manfaat untuk melenyapkan zat berbahaya, serta virus dan parasite  di dalam tubuh. Untuk menghilangkan jerawat di jidat, caranya blender lobak dan gunakan kapas untuk mengoleskannya ke jidat yang terdapat jerawat. Biarkan 10 menit sebelum dibilas.


3. Jeruk Nipis


Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Jeruk nipis mengandung minyak limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. 

Dengan kandungan nutrisi yang ada, jeruk nipis dapat membasmi bakteri yang mengakibatkan kurap dan jerawat. Cara pengobatannya adalah dengan air perasan 1 buah jeruk nipis. Balurkan pada bagian kulit yang terkena jerawat. Untuk mempercepat khasiat pengobatan, kamu juga bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) yang dihaluskan.


4. Belimbing Wuluh


Untuk mengobati jerawat, daun belimbing diketahui memiliki kandungan senyawa flavanoid, etil asetat dan butanol yang menjadi bahan aktif untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa belimbing wuluh dan campurkan dengan air kapur sirih, lalu aduk hingga rata. Oleskan campuran tadi secara merata pada bagian kulit yang terserang jerawat. lakukan cara alami penghilang jerawat ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, agar jidat terbebas dari jerawat.


5. Belerang


Kandungan mineral pada belerang sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit. Caranya, siapkan belerang secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Kemudian campurkan belerang yang sudah dihaluskan tadi dengan air perasan jeruk nipis dan minyak kelapa. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang terserang jerawat. lakukan cara alami penghilang jerawat ini secara teratur dan rutin 2 sampai 3 kali sehari agar jerawat cepat hilang secara permanen.


6. Daun Pare Ddan Kapur Sirih


Daun pare mengandung momordisina, momordina, carantina,resin, dan minyak. Sementara itu, akarnya mengandung asam momordial dan asam oleanolat, sedangkan biji pare mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial. Daun pare atau biji pare juga dapat membantu membasmi jerawat. Untuk membasmi jerawat, caranya yakni haluskan daun pare atau biji pare secukupnya, kemudian campurkan dengan kapur sirih. Setelah itu, balurkan campuran tersebut pada kulit yang terserang jerawat. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali sehari agar jerawat cepat hilang.


7. Kulit Pisang


Kulit pisang mempunyai senyawa anti virus dan anti bakteri yang dapat digunakan untuk mengusir jerawat yang berada di permukaan kulit. Caranya ambil beberapa kulit pisang. Potong sesuai ukuran area yang ditumbuhi jerawat. Tempelkan potongan kulit pisang tersebut pada bagian yang ditumbuhi jerawat dan diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan. Kulit pisang akan membantu mengurangi peradangan. Lakukan perawatan jerawat menggunakan kulit pisang selama 5 sampai 7 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


8. Kunyit


Sifat antivirus, anti bakteri, dan antibiotik pada kunyit dapat mencegah infeksi kulit akibat jerawat. Kunyit dapat menjadi antiseptik alami untuk semua masalah kulit. Kurkumin dalam kunyit juga memiliki efek antioksidan yang sangat kuat. kurkumin  akan memberikan perlawanan dan membunuh radikal bebas penyebab jerawat. Untuk mengobati jerawat dengan kunyit, siapkan kunyit parut atau bubuk kunyit dan susu sebanyak satu sendok teh. Tempelkan bahan tersebut di kulit yang ditumbuhi jerawat selama lima belas menit. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin sampai jerawat hilang tanpa bekas. Terbilang sangat mudah bukan?! Selain dapat menghilangkan jerawat, cara ini juga dapat menghilangkan bekas jerawat.

Demikian informasi cara menghilangkan jerawat di dahi, semoga bermanfaat untuk menjadi bacaan Anda yang ingin menyembuhkan jerawat di dahi.


EmoticonEmoticon