Cara Menghilangkan Jerawat di Bokong Atau Pantat

Cara Menghilangkan Jerawat di Bokong Atau Pantat
Jerawat di Bokong - Foto : lakeybanget.com

Jerawat di bokong merupakan salah satu penyakit kulit yang dipengaruhi oleh infeksi dan menimbulkan kantung nanah yang meradang pada permukaan kulit. Jerawat di bokong biasanya akan menimbulkan rasa gatal dan benjolan berwarna merah pada kulit yang terasa sakit, bahkan bisa menjadikan rasa panas, nyeri dan terasa sangat gatal. 

Benjolan yang terasa gatal dan bernanah tersebut sebenarnya muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel atau lubang tempat rambut tumbuh. Jerawat di bokong dapat menyerang bokong karena bokong tersebut sering berkeringat yang memicu tumbuhnya bakteri. 

Memecahkan jerawat di bokong bukanlah cara yang benar. Memecahkan jerawat di bokong di saat belum waktunya pecah malah justru akan membuat jerawat di bokong akan menyebar bertambah banyak dan bekasnya sulit untuk dihilangkan. 

Apalagi jika kamu memecahkan jerawat di bokong ini dalam kondisi tangan yang kotor, tentu akan semakin memicu bakteri sekaligus menyebarkan bakteri sehingga berpotensi memicu komplikasi yang akhirnya hanya memperparah kondisi jerawat di bokong dan kulit di bokong yang meradang. Maka, Jangan memecahkan jerawat di bokong dan jangan sering di sentuh. Sebaiknya kamu menunggu hingga jerawat di bokong tersebut pecah sendiri. 

Untuk mengobati jerawat di bokong, sebenarnya kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Jerawat di bokong bisa disembuhkan dengan langkah mudah dengan menggunakan bahan- bahan dapur di rumah, sehingga jarang memerlukan penanganan medis atau dokter. 

Nah, berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menghilangkan jerawat yang bisa kamu lakukan dalam mempercepat menghilangkan jerawat di bokong dengan pengobatan bahan alami :

1. Kompres dengan air hangat


Pori yang tersumbat dapat menyebabkan blemish dan penumpukan racun atau toksin pada kulit. Air hangat akan membuka pori, membuatnya mudah untuk dibersihkan, dan segala kotoran pun terlepas. Dengan mengompreskan jerawat di bokong dengan air hangat, pori-pori pada kulit akan terbuka, dan kotoran akan lebih mudah dibersihkan. Mengompres jerawat di bokong dengan air hangat setidaknya dilakukan tiga kali sehari. Langkah ini akan mengurangi rasa sakit pada area kulit yang berjerawat.

2. Tempelkan daun pepaya yang dihaluskan


Daun pepaya merupakan salah satu jenis dedaunan yang kaya akan kandungan karpain. Karpain inilah yang kemudian akan membunuh semua mikroorganisme di kulit yang dianggapnya sebagai bakteri, kuman, atau parasit. 

Senyawa karpain dalam daun pepaya dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, parasit, bakteri, serta berbagai bentuk sel racun di kulit. Caranya adalah dengan menumbuk daun pepaya segar dan menempelkan  daun pepaya pada kulit yang meradang. Tunggu 30 menit dan bilas. Lakukan secara rutin setiap dua hari sekali sampai jerawat di bokong sembuh.


3. Tempelkan Lobak yang dihaluskan


Unsur desinfektan pada lobak putih memiliki manfaat untuk menghilangkan berbagai masalah yang dapat terjadi pada kulit, seperti masalah kulit kering, gatal pada kulit, ruam kulit, infeksi, kulit tergores, dan masalah kulit lainnya. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor, dan zinc pada lobak putih juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat. Lobak putih yang dijus atau dihaluskan, juga berguna sebagai pembersih alami untuk kulit kamu. Lobak putih juga memiliki antioksidan yang akan mencegah tubuh dari zat –zat karsinogenik dan melindungi tubuh dari sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.

Untuk pengobatan jerawat di bokong, kamu bisa menghaluskan lobak putih untuk ditempel pada kulit yang terkena jerawat di bokong. Lobak akan mengempiskan jerawat di bokong dengan cepat. Sedangkan mengkonsumsinya akan membantu mendetoksifikasi tubuh serta mencegah jerawat di bokong agar tidak datang kembali. 


4. Tempelkan tomat yang dihaluskan


Tomat kaya akan Vitamin A dan Vitamin C yang dapat menyehatkan kulit dan menghilangkan jerawat di bokong, baik yang baru timbul maupun sudah meradang. Untuk mengobati jerawat di bokong dengan tomat, ada dua cara pakai, pertama untuk jerawat di bokong yang baru muncul, dan kedua untuk jerawat di bokong meradang. Untuk jerawat di bokong yang baru muncul, potong tomat yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian. Letakan potongan tersebut di bagian bokong yang ada jerawatnya. Biarkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan 2 - 3 kali dalam seminggu. 


5. Menempelkan  irisan bawang putih


Menempelkan  atau mengoleskan ekstrak bawang putih atau irisan bawang putih pada jerawat di bokong dapat membantu mengobatinya. Hal ini karena bawang putih membantu mengontrol bakteri, virus, jamur, ragi, dan infeksi cacing.

Menempelkan  irisan bawang putih pada kulit yang meradang selama tidur, juga akan membunuh bakteri, kuman, virus, jamur, atau patogen pada kulit tersebut. Hal ini terjadi karena asam fosfat dari bawang putih akan memurnikan dan menyerap racun dalam darah dengan cara menyerap racun melalui trans-dermal pada kulit yang meradang dan masuk ke pembuluh. Kandungan senyawa antiseptik alliin  juga akan menghisap bakteri untuk keluar dari tubuh melalui kulit bokong yang meradang.


6. Menempelkan daun ciplukan yang dihaluskan


Jerawat di bokong adalah penyakit akibat kuman atau bakteri. Ceplukan dapat dimanfaatkan sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik. Sehingga ciplukan akan sangat ampuh dalam mengatasi penyakit ini. Untuk pengobatan Jerawat di bokong, ambilah daun ciplukan kira-kira 1/2 genggam jangan  lupa dicuci kemudian digiling sampai halus. Lalu tempelkan pada bokong yang berjerawat.


7. Menempelkan daun kemangi yang dihaluskan


Daun kemangi memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Karena memiliki sifat anti bakteri, anti biotik dan anti jamur, daun kemangi juga dapat dipakai untuk membatasi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit. 

Zat-zat aktif yang terkandung dalam buah mengkudu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi. Kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan anti peradangan pada jerawat di bokong. Nah, untuk mengobati jerawat di bokong, kamu bisa menempelkan daun kemangi pada kulit bokong yang terdapat jerawatnya.


8. Menempelkan mengkudu yang dihaluskan


Meskipun baunya sangat tidak sedap, namun buah mengkudu yang sudah masak di pohon memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Mengkudu memiliki spektrum fitokimia untuk penyembuhan. Untuk mengobati jerawat di bokong, caranya adalah dengan menghaluskan buah mengkudu dan menempelkannya pada kulit bokong yang terdapat jerawatnya.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan jerawat di bokong atau pantat, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk pembaca setia Jerawatupdate.com


EmoticonEmoticon