Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Ampuh Dan Jitu

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat - Masalah utama yang paling banyak dialami oleh anak usia remaja adalah jerawat, masalah ini akan terus timbul sampai kita dapat melewati masa remaja dan kedewasaan. Jerawat ini menjadi masalah yang rumit karena dapat merusak penampilan, selain itu kepercayaan diri juga berkurang karena jerawat ini.

Untuk mencari cara menghilangkan jerawat cukup sulit, baik itu dengan menggunakan cara tradisional (alami) maupun dengan menggunakan obat instan. Jika salah dalam prosesnya, bisa-bisa jerawat ini malah terjadi lebih parah dan juga bahkan menimbulkan masalah kulit wajah lain yang lebih serius.

Ketika wajah berjerawat, sebaiknya jangan memencet-mencet jerawat untuk menghilangkannya, karena hal ini justru malah menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang. Hal ini terjadi karena tangan yang kita gunakan untuk memencet jerawat kotor dan menimbulkan infeksi pada kulit wajah, inilah yang menyebabkan flek hitam atau bekas jerawat yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Jika hal ini terlanjur terjadi, mungkin untuk mencari cara menghilangkan bekas jerawat yang efektif dalam beberapa hari sangat sulit. Namun ada beberapa tips cara menghilangkan bekas jerawat yang cukup efektif yang akan diulas oleh penulis berikut ini, silahkan disimak.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Tips Jitu Hilangkan Bekas Jerawat Secara Alami


Sebenarnya menggunakan cara alami sebagai solusi cara menghilangkan bekas jerawatsangat baik untuk dilakukan, pasalnya dengan menggunakan cara alami ini tentunya kita akan terhindar dari efek samping jika dibandingkan dengan menggunakan obat penghilang bekas jerawat baik itu dalam bentuk kapsul ataupun dalam bentuk krim. Berikut ini ada beberapa tips cara menghilangkan bekas jerawat yang dapat dilakukan, yakni:

Rajinlah Dalam Membersihkan Kulit Wajah, Terutama Ketika Anda Hendak Tidur


Membersihkan Kulit Wajah Bebas Jerawat - Foto : vemale.com

Setelah melakukan berbagai kegiatan yang melelahkan seharian, bergelut dengan berbagai polusi dan juga debu yang ada di jalanan tentunya hal ini membuat kulit Anda juga mengalami kelelahan yang sama. Belum lagi wajah yang sering terkena paparan sinar matahari, yang nantinya menimbulkan minyak berlebih. Sebaiknya dan seharusnya, setelah selesai melakukan aktifitas tersebut Anda diwajibkan untuk membersihkan wajah Anda dengan perawatan yang alami. Rajin-rajinlah membersihkan wajah, terutama jika Anda senang menggunakan riasan atau make up pada wajah, sebaiknya meminimalisir penggunaan alat semacam ini.

Dengan rajin membersihkan kulit wajah setiap hari secara teratur, hal ini akan membantu dalam menjaga kebersihan kulit wajah Anda dari kotoran yang menumpuk terutama pada jaringan kulit muka. Gunakan pembersih yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan telah mendapatkan sertifikat BPOM.

Basuhi Wajah Dengan Air Susu Tawar Yang Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat


Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Air Susu
Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Air Susu - Foto : merdeka.com

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan jitu selanjutnya adalah dengan menggunakan air susu tawar sebagai pembasuh wajah, selain susu tawar murni Anda juga dapat menggunakan susu kedelai. Hal ini akan membuat kelembapan pada kulit wajah lebih baik, tentunya hal tersebut juga dapat menyehatkan kulit wajah serta menghilangkan ataupun terhindar dari bekas noda hitam jerawat.

Gunakan Masker Wajah Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Kulit Wajah Anda


Masker Wajah - Foto : maskerwajahku.com

Menggunakan masker untuk kulit wajah dapat membantu dalam mencerahkan kulit wajah dari dalam, apalagi jika hal ini dilakukan secara rutin dan juga teratur. Selain itu, dengan menggunakan masker pada wajah tentunya hal ini akan membuat bekas jerawat menghilang dari kulit wajah. Sebaiknya menggunakan jenis masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit, seperti masker penghilang bekas jerawat atau masker pemutih wajah.

Usahakan Agar Tidak Langsung Terkena Paparan Sinar Matahari


Wajah Sinar Matahari

Wajah yang terkena sinar atau paparan langsung matahari dapat menimbulkan flek hitam dan menimbulkan noda bekas yang sulit untuk dihilangkan termasuk noda bekas jerawat. Agar noda tidak timbul karena bekas paparan sinar matahari langsung, sebaiknya menggunakan tabir surya untuk mencegah hal tersebut atau dapat juga menggunakan topi yang agak lebar.

Gunakan Resbusan Air Teh Tawar Yang Dibuat Oleh Tangan Sendiri Dan Tidak Mengandung Pengawet


Air Teh Tawar

Teh merupakan salah satu bahan tradisional yang seringkali digunakan oleh para leluhur, selain itu teh juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Cara pengaplikasiannya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu membasuh wajah Anda dengan air teh ini ketika bangun dari tidur dan tunggu beberapa saat sebelum dibilas. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, sebaiknya melakukan kegiatan atau cara ini secara teratur setiap hari.

Menggunakan Air Hasil Perasan Jeruk Lemon


Air Jeruk Lemon Untuk Jerawat

Lemon merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, jadi wajar saja bila buah yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan cara menghilangkan bekas jerawat. Cara melakukannya sangat sederhana, yakni dengan menggunakan kapas untuk menyerap air perasan jeruk lemon yang kemudian ditempelkan pada bagian kulit wajah yang terdapat bekas jerawatnya. 

Diamkan beberapa menit sebelum nantinya dibilas dengan bersih menggunakan air yang bersih. Kegiatan yang satu ini juga dapat dilakukan untuk memudarkan flek hitam atau noda hitam yang membandel pada wajah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami di atas tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama sampai mendapatkan hasil yang diinginkan, tentu saja karena cara yang dilakukan ini adalah cara yang alami. Sebenarnya ada cara yang lebih cepat untuk menghilangkan noda bekas jerawat, yakni dengan menggunakan krim wajah ataupun obat penghilang bekas jerawat. Namun tentunya hal ini membutuhkan biaya yang tinggi dan harus berani menanggung resiko efek sampingnya.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami 


Pasti Anda sudah tidak asing lagi mendengar tentang satu masalah pada kulit yakni jerawat. Memang munculnya jerawat sering membuat jengkel bahkan mengganggu penampilan. Ditambah lagi jika setelah jerawat hilang tetapi bekasnya masih menempel pada kulit dan sangat sulit dihilangkan. Ternyata ada banyak langkah mudah untuk menghilangkan bekas jerawat seperti terapi laser atau pengobatan dari dokter kulit.

Menggunakan obat-obatan dari dokter memang sah-sah saja, tetapi alangkah baiknya Anda tidak mengeluarkan biaya tinggi untuk mengobati bekas jerawat. Ternyata Anda masih bisa menggunakan bahan alami yang bisa dijumpai di dapur ataupun di pasar.

Merawat kulit menggunakan bahan alami memang bisa memecahkan masalah pada kulit wajah, bahkan tidak menimbulkan efek samping seperti pemakaian obat-obatan. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat memakai bahan alami?


Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Kulit Jeruk


Menghilangkan bekas jerawat juga bisa menggunakan kulit jeruk, karena kandungan vitamin C dan asam alpha hidroksi terbilang tinggi dan dari kulit jeruk sendiri bisa membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat karena kotoran. Tidak hanya itu saja, kulit jeruk juga sangat efektif mengangkat sel kulit mati. Jadi sangat baik jika digunakan secara rutin untuk menghilangkan efek noda hitam dari bekas jerawat.

Langkah untuk menggunakan kulit jeruk dalam menyamarkan noda bekas jerawat adalah mengeringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari dalam beberapa hari hingga benar-benar kering, kemudian haluskan kulit jeruk sampai berubah jadi bubuk. Tambah air lalu aduk sampai menjadi pasta dan oleskan pada wajah. Diamkan sekitar 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.


Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Madu


Khasiat dari madu sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat tanpa efek samping berbahaya. Tidak hanya itu saja, madu juga memberikan efek dingin sehingga mengurangi resiko peradangan di wajah.

Untuk menghilangkan bekas noda jerawat memakai madu maka siapkan beberapa tetes madu kemudian oleskan langsung di noda bekas jerawat tersebut. Setelah rata, diamkan beberapa menit lalu setelah kering dan lengket bilas memakai air dingin lalu keringkan. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu untuk mendapat perawatan maksimal.


Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Es Batu


Menggunakan es batu untuk menyamarkan noda jerawat merupakan cara paling mudah dan ampuh, Anda bisa membuat es batu sendiri untuk menghindari peradangan ada kulit berjerawat.

Langkah-langkah dalam menghilangkan bekas jerawat memakai es batu cukup mudah dilakukan yakni membungkus es batu menggunakan kain steril lalu oleskan pada bekas jerawat beberapa detik. Ulangi sampai beberapa kali dan lakukan secara rutin 3 kali sehari.

Anda juga bisa mencoba metode alami lain seperti memakai air rendaman teh hijau sebagai bahan membuat es dan lakukan metode yang sama.


Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cuka Sari Apel


Mungkin Anda pernah mendengar cara alami ini dimana cuka sari apel bisa mengurangi efek ruam yang dihasilkan dari jerawat. Cara untuk menggunakan cuka sari apel dalam menghilangkan efek hitam bekas jerawat cukup mudah.

Campur cuka sari apel ke dalam 95 ml air dan oleskan pada bekas jerawat memakai media kapas. Diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air hangat. Untuk menghasilkan efek maksimal lakukan sebelum tidur dan diamkan selama satu malam penuh.


Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lidah Buaya


Manfaat dari lidah buaya sangat penting untuk mengobati berbagai luka salah satunya bekas jerawat. Menghilangkan bekas jerawat menggunakan lidah buaya sangat efektif dan tanpa efek samping karena mengandung aloesing dimana menjadi satu zat yang bisa memperlambat zat melanin. Lidah buaya juga bisa merangsang pembentukan sel kulit serta menyamarkan noda bekas jerawat.

Pertama-tama potong lidah buaya jadi dua lalu iris bagian berduri. Kupas lagi bagian atas lidah buaya untuk mengambil gel. Letakkan gel pada wadah lalu haluskan kemudian oleskan langsung di kulit wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangan lalu keringkan.


Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bawang Putih


Dalam satu suing bawang putih terdapat senyawa Thiacremonon Sulfur dimana bisa mengeringkan jerawat dan sangat ampuh untuk menghilangkan bakteri jerawat. Tidak hanya itu, kandungan senyawa dalam bawang putih juga bisa membersihkan kulit.

Haluskan bawang putih dan oleskan pada noda bekas jerawat lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah didiamkan bilas menggunakan air hangat dan untuk menghasilkan efek maksimal. Anda juga bisa mencampur bawang putih dengan cuka sari apel dan dioleskan pada wajah.


Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Buah Pepaya


Pepaya memiliki enzim papain dimana mampu menghilangkah sel kulit mati. Tidak hanya itu, papaya juga memiliki vitamin dan antioksidan yang bisa mengatasi kulit kemerahan akibat dari noda jerawat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat langkah awal adalah membersihkan dan memotong buah menjadi beberapa bagian lalu haluskan. Setelah halus olehskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bersihkan memakai air hangat, perlu diperhatikan jika dalam waktu 15 menit tidak segera dibersihkan bisa mengakibatkan efek merah pada kulit.


Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Scrub Gula


Cara satu ini masih terbilang jarang digunakan karena masih kurang terkenal. Padahal dari gula murni sendiri bisa dijadikan sebuah bahan untuk menghilangkan sel kulit matu apalagi untuk noda bekas jerawat.

Langkah untuk memanfaatkan gula sangat mudah yakni membuat pasta gula dengan bahan 1 sendok makan gula dan 1 sendok the minyak zaitun. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah lalu pijat selama 3 sampai 4 menit lalu bilas memakai air hangat sampai bersih.


Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Masker Alpukat


Alpukat memiliki kandungan alami yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta mampu menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya itu, bahan alami pada buah alpukat juga bisa meningkatkan proses refenerasi kulit sekaligus mengurangi efek peradangan.

Anda bisa mencampurkan masker alpukat memakai madu untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Caranya cukup mudah yakni dengan mengambil daging alpukat kemudian letakkan pada wadah. Haluskan daging alpukat lalu campur bersama madu, bila perlu tambahkan air perasan lemon. Oleskan larutan pada wajah kemudian diamkan salama 15 menit dan bilas memakai air hangat lalu keringkan. Untuk dapat hasil maksimal lakukan secara rutin 3 sampai 4 kali seminggu.

Memang terlihat tidak mudah dalam menghilangkan bekas jerawat, tetapi Anda bisa melakukannya secara bertahap agar noda bekas jerawat bisa hilang maksimal. Lakukan beberapa tips di atas agar kulit wajah tetap bersih dari noda jerawat.

Selain dari tips di atas, sebenarnya ada beberapa bahan alami lain yang dapat menghilangkan bekas jerawat secara efektif. Bahan alami yang dimaksud merupakan bahan alami yang banyak dijumpai di pasaran, seperti tomat, mentimun, putih telur, dan masih banyak lagi bahan alami lain yang dapat digunakan sebagai masker.

Namun perlu untuk diketahui bahwa cara menghilangkan bekas jerawat yang disebutkan di atas hanya berupa perawatan di luar wajah saja, untuk perawatan dari dalam untuk menghilangkan bekas jerawat tentunya juga diperlukan. Untuk mendapatkan kulit yang mulus dan terbebas dari berbagai noda termasuk noda jerawat, tentunya jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh kita juga harus diperhatikan agar jerawat tidak muncul dan menimbulkan noda yang sulit dihilangkan.

Sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan minyak yang tinggi, karena minyak berlebih yang dikonsumsi akan merangsang pertumbuhan jerawat pada wajah Anda. Salah satu penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah adalah karena minyak berlebih, yang dapat menjebak kotoran dalam sel kulit dan sulit untuk dibersihkan saat dibasuh bahkan dengan menggunakan pembersih.

Rajin-rajinlah berolahraga dan perbanyak meminum air putih agar terhindar dari jerawat yang dapat menimbulkan bekas jerawat nantinya. Mendapatkan kulit putih dan mulus memang tidak gampang, perlu usaha yang maksimal untuk mendapatkan hal ini dan tentunya juga kesabaran dalam prosesnya.


EmoticonEmoticon