6 Jenis Jerawat Kulit Wajah Dan Cara Mengatasinya

6 Jenis Jerawat Kulit Wajah - Dijaman modern seperti sekarang ini, memiliki wajah mulus adalah dambaan setiap wanita. Namun ternyata memiliki kulit wajah yang mulus tidaklah tanpa usaha, namun kebanyakan wanita yang memiliki kulit wajah tanpa noda haruslah selalu melakukan perawatan, menjaga pola makan dan juga istirahat, menghindari stres, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang mulus namun tidak menghiraukan pola makan ataupun perawatan, bisa dipastikan wajah Anda akan muncul masalah kulit wajah seperti jerawat dan juga komedo. Jerawat sendiri merupakan musuh utama kulit wajah yang sebisa mungkin dihindari oleh semua orang. Saat Anda terbangun dari tidur dipagi hari dan mendapati di bagian kulit wajah muncul sebuah jerawat pasti Anda akan kalang kabut bagaimana cara menghilangkan sosok pengganggu tersebut.

Memiliki wajah yang berjerawat bisa berdampak sangat buruk bagi kesehatan kulit wajah seperti bengkak, merah, sampai bernanah, selain itu jerawat juga bisa mempengaruhi kecantikan wajah Anda. Di dunia medis ada 6 jenis jerawat kulit wajah yang harus Anda perhatikan cara penanganannya, karena jika jerawat tersebut merupakan jenis jerawat yang memerlukan perawatan khusus namun Anda biarkan saja, bisa dipastikan kulit wajah Anda akan mengalami kerusakan permanen seperti bopeng, berlubang, dan juga masalah buruk lain.

6 jenis jerawat kulit wajah ini disebabkan karena pori-pori di kulit wajah mengalami penyumbatan sehingga memicu tumbuhnya benjolan berisi nanah dan berwarna merah. Benjolan jerawat tersebut kadang memiliki ukuran yang berbeda dan tumbuh disekitar wajah Anda khususnya dahi, pipi, hidung, dan juga di sekitar dagu.

6 Jenis Jerawat Kulit Wajah Dan Cara Mengatasinya

Benjolan pengganggu ini timbul secara tidak menentu diakibatkan karena perubahan hormon yang tidak terkontrol dalam tubuh seperti saat masa puber, menstruasi, hamil, dan juga stres berlebih. Di bawah ini ada 6 jenis jerawat kulit wajah dengan berbagai cara penanganan yang berbeda pula. Jadi dari 6 jenis jerawat kulit wajah manakah yang sedang Anda hadapi sekarang ini?


Jenis Jerawat Dan Cara Untuk Mengatasinya


Jerawat Universal/ Biasa


Seperti namanya yang universal, jerawat ini pernah dialami oleh hampir semua orang. Jerawat ini umumnya berbentuk benjolan kecil berwarna putih kemerahan dan biasanya timbul karena efek kosmetik ataupun debu jalanan yang tidak dibersihkan sehingga menyumbat pori-pori ditambah dengan infeksi dari bakteri penyebab jerawat bernama propionibacterium acne.

Bakteri penyebab jerawat tersebut hidup dibawah permukaan kulit yang memproduksi asam lemak. Walaupun termasuk jerawat biasa yang dengan sendirinya bisa hilang sendiri namun yang perlu Anda waspadai adalah jerawat ini bisa menimbulakan iritasi pada kulit wajah Anda.

Menghilangkan Jerawat Dengan Mengoleskan Pasta Gigi

Cara mengatasi jerawat biasa ini bisa disiasati dengan mengoleskan pasta gigi pada benjolan jerawat tersebut sebelum Anda tidur. Kandungan yang terdapat dalam pasta gigi bermanfaat untuk mengurangi bengkak ataupun kemerahan akibat jerawat biasa tersebut. Anda juga bisa menempelkan irisan tomat atau lemon pada benjolan jerawat tersebut. Tomat dan lemon dipercaya bisa menghilangkan jerawat dan juga mampu menghilangkan noda hitam akibat jerawat.

Jerawat Batu


Salah satu jenis jerawat yang perlu diwaspadai oleh Anda jika sampai wajah Anda memiliki jerawat jenis ini. Dari 6 jenis jerawat kulit wajah, jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dan juga berwarna merah terang. Peradangan yang ditimbulkan dari jerawat batu tidak hanya pada kulit luar saja namun juga kulit pada bagian dalam, karena itu bekas ataupun cara penanganannya harus dilakukan secara khusus. Cystic Acne atau jerawat batu ini disebabkan oleh pertumbuhan sel pada tubuh yang tidak normal ditambah dengan produksi kelenjar minyak yang terlalu banyak.

Karena tergolong jerawat yang parah jadi jerawat batu tidak bisa diatasi oleh Anda sendiri namun harus dilakukan secara medis. Konsultasikan kepada dokter spesialis kulit untuk menentukan program pengobatan  yang harus Anda lakukan.

Jerawat Juvenil/ Remaja


Jerawat yang timbul pada masa pubertas ini termasuk jerawat umum yang normal terjadi. Masa pubertas diumur 14 hingga 20 tahun membuat sistem produksi hormon belum stabil. Cara mengatasi jerawat juvenil/ remaja ini cukup mudah, Anda cukup menggunakan sabun bayi untuk mencuci muka, karena sabun bayi memiliki kandungan PH seimbang sehingga kulit wajah Anda yang sedang mengalami masa pubertas terhindar dari munculnya jerwat berjenis ini.

Jerawat Vulgaris


Jerawat jenis ini merupakan kelainan kulit wajah yang sebelum menjadi jerawat ditandai dengan berbagai erupsi dari komedo yang terbuka ataupun yang menutup serta jerawat yang muncul. Jerawat tersebut muncul di permukaan kulit wajah yang membuat kulit wajah yang ditumbuhi jerawat jenis ini berwarna merah dan bersisik. Jerawat ini timbul akibat terlebihnya kelenjar minyak, pemakain produk kosmetik yang berbahaya, perubahan hormon, terakhir karena masih menempelnya kulit mati yang tidak terlepas secara sempurna.

Cara mengatasi jerawat vulgaris ini bisa dengan rajin perawatan seperti facial, mencuci muka, dan juga maskeran agar minyak yang berlebih bisa dikendalikan. Memberikan mousteraizer pada kulit wajah sehingga sel kulit wajah berganti secara optimal. Jika Anda merasa treatment yang Anda lakukan sia-sia bahkan wajah Anda semakin mengalami kerusakan, pengobatan dari dokter spesialis kulit harus Anda lakukan.

Jerawat Rosacea


Jenis jerawat ini akan muncul pada wanita yang berusia antara 30 hingga 50 tahun. Walaupun tidak berbahaya, jerawat jenis ini cukup menggangu bagi sebagian wanita karir ataupun ibu rumah tangga karena jerawat ini akan menimbulkan peradangan serta menimbulkan sisik. Cara mengatasi jerawat ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit, biasanya dokter akan melakukan perawatan berupa penguapan, penyinaran dengan infra merah, ataupun zat khusus untuk mengompres kulit wajah yang memiliki jerawat jenis ini.

Jerawat Nitrosica


Dari kesemua 6 jenis jerawat kulit wajah di atas, jerawat terakhir yang paling diwaspadai adalah jerawat nitrosica. Jerawat ini jika tidak segera ditangani akan menyebabkan bopeng bahkan lubang pada kulit wajah Anda. Cara mengatasi jerawat jenis ini adalah dengan bantuan dokter spesialis kulit. Dokter akan memberikan saran pengobatan seperti menggunakan teknologi laser, mikrodermabrasi, dan perwatan khusus lainnya.

Itulah contoh dari 6 jenis jerawat kulit wajah dan cara penanganan yang berbeda-beda. Seperti halnya manusia perlu tidur dan juga makan, kulit wajah juga harus diberi nutrisi yang baik dan terkontrol agar tidak menimbulkan masalah kulit yang nantinya akan merugikan Anda sendiri. Mulailah dari rutin merawat wajah seperti masker dengan bahan-bahan alami, kurangi penggunaan kosmetik berbahaya yang tidak memiliki ijin, dan juga hindari stres berlebih.

Dari 6 jenis jerawat kulit wajah di atas, jenis jerawat manakah yang sedang Anda alami sekarang? Ulasan tersebut di atas bisa Anda jadikan bahan informasi kedepannya saat kulit wajah Anda mengalami masalah kulit yang ditimbulkan oleh munculnya benjolan pengganggu seperti jerawat. Perlu diwaspadai juga pola makan yang Anda konsumsi, pola istirahat, dan kebersihan wajah juga menjadi faktor utama agar terhindar dari timbulnya jerawat pada kulit wajah Anda. Perhatikan dari 6 jenis jerawat kulit wajah manakah yang timbul diwajah Anda, dan jangan sampai jerawat yang ada pada kulit wajah Anda adalah jenis jerawat yang berbahaya seperti jerawat batu ataupun jerawat nitrosica.


EmoticonEmoticon